Monday, November 5, 2018

thumbnail

Oneshot Awal Attack on Titan yang Pernah Ditolak Shonen Jump Kini Dirilis Online

Siapa yang tidak kenal dengan seri Attack on Titan, atau yang dalam versi Jepang disebut Shingeki no Kyoujin. Sebuah manga/anime yang bercerita mengenai perlawanan umat manusia terhadap raksasa-raksasa pemangsa yang disebut Titan. Kalau kamu suka membaca manga atau menonton anime, judul ini pasti sudah tidak asing lagi.

Sebelum Attack on Titan dirilis menjadi sebuah seri bulanan di Bessatsu Shounen Magazine, ia diawali oleh sebuah Oneshot berjudul Jinrui vs Kyoujin (Umat Manusia vs Raksasa) yang dibuat oleh Hajime Isayama (mangaka Attack on Titan) saat dirinya masih berusia belasan tahun. Pada tahun 2006, saat Hajime Isayama berusia 19 tahun, karyanya ini memenangkan Kodansha's Magazine Grand Prix dalam kategori "Fine Work" award.


Untuk kamu yang belum tahu, Kodansha adalah perusahan komik saingan Sueisha (penerbit Shounen Jump). Beberapa manga terkenal yang mereka rilis antara lain Hajime no Ippo, Vagabond, Fairy Tail, Nanatzu no Taiza, Sailor Moon, Initial D, dan masih banyak lagi. Sementara Shounen Jump, manga-manga terkenal yang dirilisnya antara lain Dragon Ball, One Piece, Naruto, Bleach, dll.

Sebelum Hajime Isayama menyerahkan karyanya ke Kodansha dan akhirnya seri Attack on Titan dibuat dan meledak seperti sekarang ini, ternyata komik buatannya itu pernah ditolak oleh Shounen Jump.

Dan memang perlu diakui, kualitas awal gambar Hajime Isayama memang tidak memenuhi standar yang diinginkan Shonen Jump. Di tahun 2006, beberapa rilisan Shonen Jump masih di antaranya Naruto, Bleach, Death Note... Jinrui vs Kyoujin yang dibuat Hajime Isayama jelas kalah jauh dibanding manga-manga itu, terutama dari segi visual.

Setelah manganya ditolak, Hajime Isayama tidak menyerah. Dan tampaknya ia sadar kalau stylenya dalam membuat manga memang tidak cocok untuk perusahaan itu. Ia kemudian berpindah haluan dan coba menerbitkannya ke perusahaan sebelah, Kodansha, dan hasilnya positif.

Kini karyanya berbuah manis, Attack on Titan menjadi salah satu manga terlaris. Sampai tulisan ini dibuat, total manga tersebut telah terjual lebih dari 80 juta copy di seluruh dunia. Mengalahkan sebagian besar manga terbitan perusahan yang pernah menolaknya.

Attack on Titan juga telah diadaptasi menjadi tiga seri anime dan dua film live action, serta beberapa game di berbagai platform. Baru-baru ini, oneshot Jinrui vs Kyoujin dirilis dan bisa dibaca online secara gratis di situs resmi Shounen Magazine. Kalau kamu penasaran ingin membacanya, kamu bisa mengklik link berikut

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments