Sunday, November 4, 2018

thumbnail

Bajak Laut, Samurai, Tama - Kekuatan-Kekuatan Penting Dalam Usaha Menjatuhkan Kaido

Klaim bahwa Kaido merupakan mahkluk terkuat di Darat, Laut, dan Langit, dan selalu menang dalam pertarungan satu lawan satu sebagaimana yang dijelaskan pada kemunculan pertama Kaidou di One Piece Chapter 795 agaknya bukan sesuatu yang berlebihan. Apalagi setelah kita diperlihatkan daya hancur serangan pada wujud naganya dan bagaimana ia bisa meng-KO Gear 4 Luffy dengan satu serangan.

Lantas, bagaimana cara mengalahkan mahkluk buas mengerikan ini? Bagaimana cara mengalahkan Kaidou?

Kaidou tak terkalahkan dalam duel satu lawan satu, namun bukan berarti ia tidak pernah kalah. Sebagaimana yang dijelaskan pada One Piece 795, Kaidou pernah kalah. Dan tidak hanya sekali, bahkan sampai 7 kali.


Beberapa cibiran menyebut kalau bisa jadi Kaidou kalah dulu, waktu masih anak-anak, belum sekuat sekarang. Tapi sinopsis pengenalan Kaido tidak hanya menggaris bawahi soal kalah 7 kali, melainkan "kalah 7 kali sebagai bajak laut"

Yang menandakan kalau setidaknya ia kalah benar-benar dalam posisinya yang sudah mapan sebagai bajak laut. Hal ini juga secara tidak langsung memberi kita petunjuk kalau Kaidou kalah sebagai bajak laut, bukan sebagai individu, dengan kata lain kalah dalam pertempuran melawan kelompok bajak laut, beberapa kelompok bajak laut, atau kelompok angkatan laut.

Ingat, Kaidou pernah tertangkap oleh angkatan laut, dan dalam penangkapan itu tentunya diawali oleh kekalahan Kaidou. Kecuali Kaidou tertangkap karena memang sengaja menyerahkan diri, atau diam-diam diculik saat ia tidak sadarkan diri (yang ini bercanda sih)

Intinya, yang perlu digarisbawahi adalah Kaidou kalah dalam pertarungan melawan kelompok, melawan banyak musuh, kalah keroyokan. Meski pada akhirnya ia tetap hidup, tak mampu terbunuh, paling tidak orang-orang itu mampu melumpuhkan Kaidou. (Mirip-mirip Luffy, yang meski sudah mengalahkan banyak sekali musuh tapi hampir semuanya masih hidup, hanya dibuat KO dan tak mampu bertarung lagi)

Terlebih, orang-orang yang merilis berita di One Piece memang suka melebih-lebihkan apa yang terjadi. Seperti yang terjadi pada One Piece Chapter 903, keberhasilan Luffy lolos dan membawa kabur salinan poneglif Big Mom dianggap sebagai kemenangan Topi Jerami. Big Mom yang kesal sampai mencak-mencak sambil berteriak, "KAPAN AKU KALAH!?"


Namun berbeda dengan kasus Whole Cake Island, di mana tujuan mereka sejak awal memang hanya membawa kembali Sanji dan mencuri salinan Road Poneglif milik Big Mom, kali ini tujuan mereka adalah untuk memerdekakan Wano, melepas negeri itu dari cengkraman kekuasaan Kaisar Orochi dan Bajak Laut Kaidou.

Keluar dengan selamat dari Wano saja tidaklah cukup.

Untuk membebaskan Alabasta, Luffy harus mengalahkan Crocodile, dan ia melakukannya. Untuk membebaskan Dressrosa, Luffy harus mengalahkan Dofflamingo, dan ia pun melakukannya.

Kali ini lawannya jauh lebih kuat. Untuk membebaskan Wano, Luffy harus mengalahkan Kaidou. Akankah ia melakukannya?

Kekalahan Kaidou adalah suatu keharusan... Tapi akankah Luffy mengalahkan Kaidou seorang diri? Sepertinya tidak. Untuk itu Kinemon dan yang lainnya mengumpulkan kekuatan. Di sini kita akan membahas kekuatan-kekuatan yang akan ikut menyokong dalam usaha menjatuhkan Kaido.

Pertama, kekuatan Bajak Laut. Setidaknya, saat ini sudah ada dua kelompok bajak laut yang masuk dalam aliansi untuk menjatuhkan Kaidou: Straw Hat dan Heart Pirates, meski jujur saja bisa kita akui bersama kalau yang bisa benar-benar diandalkan dari Heart Pirates hanyalah kapten mereka.

(Jangan tersinggung ya Bepo, kamu tetap beruang putih idola kami)


Kelompok bajak laut lain yang mungkin akan ikut membantu adalah Kelompok Bajak Laut Kid. Nasib Eustass Kid saat ini masih belum jelas, namun yang pasti terakhir kali kita melihatnya, ia masih terkurung di penjara Kaidou. Jika Luffy yang dikalahkan Kaidou pada akhirnya ia jebloskan ke penjara, kemungkinan mereka bertemu dan membangun aliansi cukup besar, sebagaimana yang dibahas pada artikel Pentingnya Kekalahan Luffy untuk Plot Wano

Bajak laut lain yang juga mungkin bergabung adalah kelompok Hawkins dan Apoo. Saat ini mereka memang memilih untuk menjadi anak buah Kaidou. Namun ketika ada kesempatan untuk menjatuhkan seorang Yonkou, bukan tidak mungkin kalau mereka justru akan kembali berganti haluan dengan masuk ke sisi Luffy. Setelah beberapa waktu bersama Kaidou, bisa jadi juga mereka sudah menemukan informasi-informasi tertentu mengenai kelompok Kaidou yang bisa dimanfaatkan oleh aliansi Luffy.

Selain bajak laut, bantuan besar akan datang dari Samurai. Sebagaimana yang kita tahu, diam-diam sisa-sisa samurai yang setia pada Klan Kozuki masih ada dan sedang mengumpulkan kekuatan. Samurai Wano tak perlu diragukan lagi kekuatannya, meski tentu tak semuanya sekuat Shutenmaru, yang mampu mengimbangi perlawanan Jack. Kiku, yang kelihatannya hanya seperti wanita cantik lemah lainnya diam-diam merupakan samurai berkemampuan pedang tinggi, rambut dikepal Yokozuna yang menjadi harga diri seorang samurai dengan mudah dipotongnya.


Satu kekuatan lain yang tampaknya akan memegang peranan penting dalam arc ini adalah Tama, dengan kekuatan dango penakluk hewan miliknya. Ia diperlihatkan terkapar pada One Piece Chapter 923, namun bisa dipastikan kalau ia tidak mati, mengingat Lady Speed sampai di saat-saat terakhirnya masih tetap berada di bawah pengaruh kekuatan Buah Iblis Tama.

Buah Paramecia dengan kekuatan setipe dengan Tama, misal kekuatan Sugar yang mampu mengubah orang menjadi mainan, akan hilang ketika penggunanya dibuat tak sadarkan diri apalagi mati. Jika Lady Speed masih berada di bawah pengaruh Tama, itu artinya ia masih hidup. Dan tidak mungkin juga Oda membuat karakter dengan kekuatan seunik Tama hanya untuk dibunuh begitu saja.


Jika Tama terkapar pingsan, dan Lady Speed masih berada di bawah kendalinya, itu berarti kekuatan Tama malah lebih kuat dari Sugar. Bayangkan apa jadinya jika pada pesta yang akan dilakukan oleh Kaido nanti, dango-dango Tama disisipkan di antara sajian yang akan dimakan oleh Headliner Kaidou lainnya. Jika benar hal ini terjadi, tentunya ini akan menjadi keuntungan besar bagi aliansi Luffy.

Tidak hanya pasukan aliansi Luffy bertambah, namun juga di sisi pasukan Kaidou berkurang. Efek Buah Iblis Sugar mampu bertahan selama bertahun-tahun lamanya, lalu kenapa tidak dengan kekuatan Tama. Setelah mengalahkan Kaidou, mereka juga bisa dimanfaatkan untuk membangun kembali Wano secara merata. Membuat Wano menjadi negeri yang makmur secara keseluruhan, tidak ada lagi orang-orang kelaparan di pinggiran, dan pada akhirnya tujuan untuk membuka Wano pada dunia bisa terwujud.

Selain mereka, masih ada beberapa kekuatan lagi yang digadang-gadang akan ikut membantu Luffy mengalahkan Kaidou. Pertama, Marco the Phoenix.

Meski jelas-jelas pada Chapter 909 Marco memilih untuk tetap menjaga kampung halaman Shirohige, dan hanya menitipkan suatu pesan pada Nekomamushi untuk disampaikan pada Luffy, ada saja yang masih berpendapat kalau Marco akan ikut menolong. Munculnya teori ini dilandasi atas kisah dongeng Jepang: Momotaro.

Inti ceritanya, Momotaro mengalahkan seorang iblis jahat di Pulau Iblis dengan bantuan tiga hewan yang ia temui dalam perjalanan. Seekor kera, anjing, dan burung.

Momonosuke adalah Momotaro dalam dongeng. Iblis yang dikalahkannya yaitu Kaidou. Kera yang membantunya adalah Luffy, anjing yang dimaksud adalah Inuarashi, dan untuk burung tak lain adalah Marco. Begitu kurang lebih teori yang ada. Namun tentu saja itu hanya sebatas teori. Dan bahkan meskipun Oda terinspirasi dari kisah itu, tentunya ia tidak mengambil semuanya secara mentah-mentah.

Bajak laut lain yang juga banyak digadang-gadang akan membantu Luffy untuk melawan Kaidou adalah Gekko Moriah. Ya, mantan Shichibukai yang memiliki kekuatan pengendali bayangan itu. Kabarnya terakhir terdengar di Chapter 595, ketika Doflamingo melapor pada agen World Government, ia mengatakan kalau Gekko Moriah yang harusnya ia bunuh berhasil lolos dan menghilang begitu saja.


Kemungkinan besar menghilang yang dimaksud adalah menghilang oleh bantuan Absalom. Dan sampai saat ini, ia masih bersembunyi entah di mana di Dunia Baru. Dan kalaupun suatu hari ini ia akan bergabung kembali ke dalam plot, maka ini adalah waktu yang tempat.

Sebagai kelompok dengan kekuatan yang mampu membuat diri dan bahkan kapalnya tak terlihat, bisa menyusup ke Wano tentunya merupakan sesuatu yang masuk akal.

Gekko Moriah meski benci dengan Luffy, tetap saja musuh terbesarnya adalah Kaidou. Gekko Moriah sampai menyiapkan pasukan selama bertahun-tahun untuk menghadapi Kaidou, yang dulu telah menghabisi krunya yang lama. Pertarungan aliansi Luffy melawan Kaidou bisa jadi dimanfaatkan oleh Moriah untuk ikut andil dan menghabisi musuh abadinya itu.

Bajak laut selanjutnya yang juga mungkin ikut melawan Kaidou adalah sesama Yonkou lainnya, Kurohige. Kemungkinan ini kecil sekali, tapi sebagai pemburu buah iblis, dan kalau memang kemampuan Kaidou berasal dari buah Zoan, tentu Kurohige akan memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa mengambil kekuatan buah itu. Bayangkan betapa ganasnya naga raksasa yang mampu menyemburkan kegelapan dari mulutnya, serta gempa dari pergerakannya. Yah meskipun sekali lagi, di antara semua nama-nama di atas, Kurohige ini memiliki peluang terkecil. Bisa jadi hanya sebatas teori liar belaka.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments