Monday, December 23, 2019

thumbnail

Detail-Detail Kecil yang Mungkin Kamu Lewatkan di One Piece Chapter 966

Versi resmi One Piece 966 akhirnya terbit di MangaPlus, dan kali ini mari kita bahas detail-detail kecil dari chapter ini yang mungkin saja kamu lewatkan.

1. Scopper Gaban
Terdapat beberapa detail yang mungkin kamu lewatkan dari Scopper Gaban saat bersama Rayleigh hendak menahan Oden. Pertama dan yang paling menyita perhatian: Motif aneh di bagian kanan bajunya.


Terlihat dua motif lingkaran hitam aneh di bagian lengan dan pinggang baju Gaban, yang mana hanya terlihat sekali. Setelahnya ketika Gaban terlihat lagi pada bentrok kru Roger vs Shirohige, lalu setelah pertarungan berakhir, motif-motif ini tidak tampak lagi.

Detail berikutnya yaitu senjata yang digunakannya. Dulu sekali di One Piece Chapter 19, Scopper Gaban pernah diperlihatkan membawa dua senjata, namun salah satunya tertutup dan tidak terlihat jelas. Waktu itu hanya tampak satu kapak, sehingga memunculkan spekulasi-spekulasi aneh mengenai senjata kedua Gaban. Sekarang dengan adanya panel ini, bisa dikonfirmasi kalau kedua senjata Gaban adalah kapak.

Dan ngomong-ngomong soal senjata, kita juga bisa melihat bahwa pedang Rayleigh berbeda dengan pedang bermata dua yang ia miliki saat berada di Kepulauan Sabaody. Mengingat jarak waktunya yang sangat lama, wajar apabila ada perubahan senjata. Dalam kurun waktu 2 tahun saja, Zoro sudah beberapa kali berganti pedang.

Detail lain dari Gaban yang bisa kita lihat di panel ini adalah matanya. Ia tidak lagi terlihat menggunakan kacamata, dan sepertinya ini kali pertama kita melihat matanya. Mungkin kacamatanya sengaja dilepas saat ingin bertarung. Tapi tidak lama setelahnya, ia kembali terlihat menggunakan kacamata.


2. Oden Menabrak Pohon Raksasa
Yang khas dari pulau tempat pertarungan Kelompok Roger dan Shirohige adalah pohon-pohon raksasa uniknya yang sudah kentara dari kejauhan. Namun dengan Oden yang terlempar hingga menabraknya, pohon raksasa itu lebih terlihat seperti bebatuan. Mungkin sebenarnya pohon-pohon raksasa ini hanyalah bukit batu yang bentuknya menyerupai pohon.

Detail-detail mengenai pohon/batu raksasa ini ditampilkan beberapa kali Chapter ini.


Pertarungan Kelompok Roger vs Shirohige membuat setidaknya salah satu batu raksasa itu ambruk. Dan tentu hal ini bukan sesuatu yang mengejutkan mengingat betapa mengerikannya kekuatan orang-orang yang bertarung di sana. Jika Shirohige saja mampu membelah lautan, membelas gunung pastinya perkara mudah.

3. Kru Bersayap Roger
Jika Shirohige memiliki kru dengan sayap phoenix (Marco) dalam kelompoknya, maka Roger memiliki kru dengan sayap iblis. Panel bentrok antar dua kelompok bajak laut ini menjadi tampak begitu parallel antar satu sama lain dengan masing-masing kru bersayap ini berada di bagian atas.


Tidak hanya sekali, pria bersayap ini muncul beberapa kali di Chapter 966. Penampilannya mengingatkan kita pada karakter-karakter lain di One Piece yang juga memiliki sayap yang sama. Apakah mereka sama-sama berasal dari semacam klan iblis?

Jika di atas langit ada klan yang punya sayap peri, maka sangat mungkin jika ada klan lain bersayap iblis. Sejauh ini karakter lain yang kita tahu memiliki sayap yang mirip adalah Magelan dan Charlotte Dacquoise, salah satu anak Big Mom.

4. Keinginan Roger
Ketika Roger tampak begitu menggebu-gebu menuturkan keinginannya pada Shirohige dan Oden, dua itu itu jadi kaget. Roger berkata, "Aku ingin menjadi..."

Dan kita tidak diperlihatkan lanjutan kalimatnya bagaimana, namun yang pasti Shirohige dan Oden sampai berkata, "Hah!?"

Untuk kalian yang tidak sadar, adegan ini adalah adegan yang persis dengan yang terjadi pada Luffy, Ace, dan Sabo dulu. Saat itu Luffy mengatakan hal yang sama, "Aku ingin menjadi..."

Dan kita tidak diperlihatkan lanjutan kalimatnya bagaimana, Ace dan Sabo berkata, "Hah!?"

Merupakan satu sentuhan yang sangat manis oleh Oda. Bahkan posisi hansaplas yang mereka pakai pun sama.


Parallel lain bisa kita kita lihat pula pada diri Sabo dan Oden, dua anak bangsawan yang sama-sama kabur dari keluarganya. Dan juga sama-sama orang nomor dua di kelompok mereka.

Petunjuk mengenai kata-kata Luffy juga sempat muncul jauh di flashback Rayleigh, ketika ia bertemu Shanks, Shanks berkata padanya, "Rayleigh-san, aku terkejut. Di East Blue sana aku bertemu anak yang mengucapkan kalimat yang sama persis dengan kalimat Kapten Roger."

5. Poster Buronan Izo, Inuarashi, dan Nekomamushi
Izo memutuskan untuk tetap menunggu Oden di Kapal Shirohige, dan Oden berkata kalau mereka bebas menentukan jalan hidup mereka sendiri karena mereka bertiga kini sudah menjadi bajak laut yang hebat. Oden mengatakan itu sambil menunjukan tiga lembar kertas, yang dari kata-katanya mengisyaratkan kalau itu adalah tiga lembar poster buronan mereka.


Ketika normalnya menjadi buronan adalah hal yang patutnya dihindari bajak laut, kebanyakan malah menjadikan itu sebagai suatu kebanggaan. Dan justru kesal jika harga buronan mereka murah.

6. Baju Baru Epioda
Ketika saling berbagi harta, Epoida menemukan sebuah baju yang menurutnya bagus dan ingin mengambilnya. Lalu ketika kru Shirohige mengucapkan salam perpisahan pada Oden, terlihat ia sudah mengenakan baju garis-garis itu.


Detail yang menarik, sentuhan apik dari Oda meski sepertinya tidak terlalu penting. Detail berikutnya mungkin lebih penting, yang mana bisa jadi merupakan petunjuk bagi masa lalu dua tokoh penting di One Piece.


7. Bayi di Kapal Roger
Saat menggendong Hiyori, Roger berkata kalau sudah lama ia tidak menggendong bayi, dan Rayleigh menambahkan kalau hal ini membuatnya teringat akan masa lalu. Kapan lagi kira-kira ada dua bayi di kapal Roger? Saat Shanks dan Buggy bergabung!

Kemungkinan kalau Shanks dan Buggy sudah berada di kapal itu semenjak mereka bayi jadi sangat masuk akal.

Dikatakan kalau Shanks dan Buggy sudah berada di kapal itu sejak lama, dan detail menarik lainnya adalah Roger berkata pada Oden kalau ia menemukan salinan poneglyph itu pada pelayarannya 13 tahun yang lalu. Flashback ini terjadi 26 tahun yang lalu, ditambahn 13 berarti 39 tahun yang lalu.

Siapa karakter One Piece yang usianya 39 tahun? Shank dan Buggy. Jika mereka berdua ada sejak pelayaran pertama Roger, saat ia berhasil mencapai Pulau Roadstar, berarti mereka memang sudah berada di sana sejak bayi.

8. Mocktown
Meski tidak ditulis, sangat bisa dipastikan kalau kota yang diterobos Oden adalah Mock Town. Desain gedung dan terutama atapnya begitu kentara, bahkan posisi bangunannya pun tidak banyak berubah.


Tidak heran juga kalau dari sana tujuan mereka berikutnya adalah pulau langit, Skypiea.

9. Sampai ke Skypiea
Bagian parallel atau hal sama lainnya antara perjalanan Roger dan Luffy bisa dilihat dari panel ketika mereka sampai di pulau langit Skypiea. Pada gambar bisa dilihat, panel kiri adalah panel ketika Roger sampai, sementara yang kanan adalah panel ketika Luffy sampai.


Sungguh nostalgic, dua panel di atas, untuk kalian yang tidak sadar, bedanya adalah 18 tahun. salah satu dari kalian yang membaca tulisan ini mungkin malah belum lahir saat chapter itu terbit.

Detail terakhir, detail terpenting yang memperlihatkan karakter legendaris di Kapal Roger:

10. Pandaman
Yaps, tokoh terhebat sejagat One Piece akhirnya kembali menampilkan wujudnya.


Follow Twitter @YonkouTerkuat untuk memperoleh update terbaru dari YonkouTerkuat.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

3 Comments

avatar

Detail banget lu min wkwkwkwkw

Reply Delete
avatar

gile.. bisa detail gitu.. mantaplah dapet review yg keren..

Reply Delete
avatar

Pandaman siapa sih, nubi gk tau haha

Reply Delete