Monday, December 16, 2019

thumbnail

Nenek Tua yang Membantu Orochi - One Piece 965

Sebuah fakta baru terungkap pada One Piece 965 yaitu di balik naiknya Orochi sebagai shogun, ada peran seorang nenek tua pemilik kemampuan mengubah wujud dari Mane Mane no Mi. Siapa nenek ini sebenarnya?


Kita tak tahu namanya siapa, bahkan bisa jadi wajah aslinya pun kita tidak tahu, karena sebagai pengguna kemampuan untuk mengubah wujud, mungkin saja selama ini itu juga bukan wajah aslinya. Ada kemungkinan, tapi dengan asumsi perlu energi yang cukup banyak untuk menggunakan kemampuan itu, apalagi secara terus-menerus, kita anggap saja kalau wujud nenek-nenek itu adalah 90% wujud aslinya.

Ketika Orochi bertanya, "Apakah kau seorang Kurozumi..."
Nenek itu langsung memotongnya, "Tidak penting aku siapa!"

Ehm, untuk kita sebagai pembaca yang kepo tentu saja itu penting. Dengan asumsi kalau benar nenek itu seorang Kurozumi, bisa jadi dia itu nenek Orochi? Atau malah nenek buyutnya? Dilihat dari keriputnya yang menandakan kalau dia sudah sangat tua.

Nikyokyokyokyo
Begitu tawa khasnya.

Yang lebih mengejutkan dari nenek ini adalah: ia memiliki kemampuan dari Mane Mane no Mi, buah pengubah wujud, yang mana kita tahu merupakan kemampuan milik Mr.2.

Orochi bekerja di rumah Yasuie ketika Oden masih muda, kurang-lebih 40 tahun yang lalu, sementara Mr.2 baru berusia 32 tahun, jadi sangat wajar kalau kemampuan Mane Mane masih dimiliki oleh pemilik sebelumnya. Satu hal yang bisa kita pastikan, saat ini nenek itu sudah mati. Entah karena sudah tua, atau mungkin pada akhirnya dibunuh oleh Orochi sendiri untuk menutup rapat kejahatannya?

Yang lebih menarik lagi soal nenek ini bukanlah masa depannya mengenai dia akan mati seperti apa, melainkan masa lalunya. Selama bertahun-tahun, ia telah berada di luar Wano berkelana. Sebuah petunjuk disisipkan oleh Oda ketika nenek itu memperlihatkan kemampuan berubah wujudnya. Selain berubah menjadi Orochi, nenek itu juga berubah menjadi... Shiki!?


Dari gambar bisa kita lihat kemiripan mulai dari bentuk wajahnya, mulut, hidung, dan yang terpenting adalah bentuk alisnya. Wajah pria yang sedang ditiru oleh nenek itu bukan sembarang pria melainkan versi muda dari Shiki si Golden Lion.

Sebagaimana yang kita tahu pula, pengguna kekuatan ini hanya bisa berubah wujud menjadi orang yang wajahnya pernah ia sentuh menggunakan tangan kanannya. Jadi bukan hanya pernah bertemu Shiki, nenek itu juga pernah menyentuh wajahnya.

Hal ini membuka peluang luas mengenai kisah masa lalu nenek itu, semoga saja di chapter-chapter berikutnya hal ini makin dijelaskan. Termasuk bagaimana pada akhirnya ia berhasil mendapat buah Hebi Hebi no Mi model Yamata no Orochi, zoan mistis yang diberikannya pada Orochi.

Orochi kecil dipengaruhi si nenek dan ditawari kekuatan dalam bentuk buah iblis menyerupai momen ketika Doflamingo dipengaruhi Trebol dan ditawari kekuatan dalam bentuk buah iblis Ito Ito no Mi.


Momen ketika nenek itu menggambarkan bagaimana kejahatan/kriminal hanyalah konsep yang dibuat oleh mereka yang menang juga sama dengan pernyataan Doflamingo ketika berada di Marineford.

Wajah lain yang ditiru oleh nenek itu adalah seorang perempuan muda cantik, Shinobu?

Tidak seperti Shiki yang ciri khasnya sangat kentara, Shinobu dan perempuan itu mirip tapi tidak ada banyak ciri pada muka mereka sehingga sekilas hanya terlihat seperti wajah-wajah perempuan cantik pada umumnya.


Jika memang benar wujud wanita cantik itu adalah Shinobu, dan nenek itu entah bagaimana punya hubungan dengannya, makan ini bisa jadi merupakan petunjuk lain mengenai teori-teori yang sempat beredar beberapa bulan yang lalu mengenai Shinobu adalah penghianat.

Ngomong-ngomong soal penghianat, ada satu petunjuk lain yang bisa diambil dari cerita nenek itu.

Setelah kejahatan kakek Orochi terbongkar, keluarga Kurozumi dijatuhkan, mereka pun dipersekusi. Siapa lagi yang dipersekusi di Wano? Kanjuro.


Jika memang ada hubungan antara Kanjuro dan Keluarga Kurozumi, mungkin yang penghianat adalah Kanjuro? Atau entahlah, mungkin ini memang hanya cocokologi semata. Lagipula jika memang ingin berhianat, harusnya sudah ia lakukan dari 20 tahun yang lalu.

Kembali ke si nenek, beberapa kali ia membantu Orochi dalam usahanya meraih kekuasaan. Ia menyamar sebagai Oden dan membawa Orochi ke shogun, bahkan mengakui kalau ia sudah menganggap Orochi sebagai adiknya sendiri. Pantas saja beberapa chapter lalu ketika Oden bertemu ayahnya untuk terakhir kalinya, Orochi bersembunyi.

Terakhir, bisa jadi pula luasnya koneksi nenek itu yang membuat Orochi bisa bekerja sama dengan Kaidou. Kasarnya si nenek lah yang memperkenalkan Kaidou padanya.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments